Implementasi SPK Dalam Penentuan Promosi Produk Adat Batak Toba Menggunakan Metode MFEP Pada Toko Gracio Hasibuan

Agustina Haro, Desy (2024) Implementasi SPK Dalam Penentuan Promosi Produk Adat Batak Toba Menggunakan Metode MFEP Pada Toko Gracio Hasibuan. Sarjana thesis, UNIVERSITAS ROYAL KISARAN.

[thumbnail of Halaman Depan - Desy.pdf] Text
Halaman Depan - Desy.pdf

Download (480kB)
[thumbnail of BAB 1 SPK MFEP  Ulos- Desy.pdf] Text
BAB 1 SPK MFEP Ulos- Desy.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of BAB II - Desy.pdf] Text
BAB II - Desy.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB III - Desy.pdf] Text
BAB III - Desy.pdf

Download (555kB)
[thumbnail of BAB IV - Desy.pdf] Text
BAB IV - Desy.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB V - Desy.pdf] Text
BAB V - Desy.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of BAB VI - Desy.pdf] Text
BAB VI - Desy.pdf

Download (269kB)
[thumbnail of Lampiran - Desy.pdf] Text
Lampiran - Desy.pdf

Download (803kB)

Abstract

ABSTRAK

Implementasi SPK Dalam Penentuan Promosi Produk Adat Batak Toba Menggunakan Metode MFEP Pada Toko Gracio Hasibuan

Oleh: Desy Agustina Haro (20.22.0484)

Toko Gracio Hasibuan merupakan suatu usaha yang bergerak dibidang penjualan pakaian, sepatu, tas, dan ulos. Toko Gracio Hasibuan terletak di jalan Alteri Kota Tanjungbalai. Toko Gracio Hasibuan menghadirkan varian produk seperti sepatu, tas, dan ulos yang terorientasi untuk memenuhi kebutuhan kalangan adat batak toba dan sesuai apa yang inginkannya. Permasalahan di Toko Gracio Hasibuan ini ialah kegiatan promosisi dan penjualan produk adat batak toba di Toko Gracio Hasibuan selama ini masih konvensional (masih menduga-duga atau memperkirakan dengan cara manual) sementara pihak kompetitornya sudah banyak yang menggunakan sistem berbasis web untuk kegiatan promosisi dan penjualan. Metode Multifactor Evaluation Process (MFEP) merupakan pendekatan kuantitatif yang menggunakan sistem pembobotan dalam pengambilan keputusan dengan mempertimbangkan berbagai faktor. Dalam proses ini, pengambil keputusan menilai dan menimbang faktor-faktor yang penting secara subyektif dan intuitif untuk alternatif pilihan mereka. Untuk keputusan yang memiliki dampak strategis, disarankan untuk menggunakan pendekatan kuantitatif seperti MFEP. Kriteria yang digunakan adalah penjualan, persediaan, dan retur. Tujuan dari sistem ini adalah dapat mengetahui sistem keputusan dalam penentuan promosi produk di Toko Gracio Hasibuan dan merancang sistem pendukung keputusan dalam penentuan promosi produk di Toko Gracio Hasibuan menggunakan bahasa pemrograman PHP dan database MySQL. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu metode penelitian kuantitatif. Dari hasil menerapkan metode MFEP untuk meramalkan promosi produk adat batak toba pada Toko Gracio Hasibuan yang telah dihitung mendapatkan jumlah hasil peramalan promosi produk adat batak toba dan diambil 3 rangking teratas dari hasil paling tinggi diantaranya sortali dengan hasil 29, ulos bintang maratur dengan hasil 26.5, dan ulos sibolang dengan hasil 23.6. Maka dari itu ketiga produk tersebut akan dipromosisikan oleh pemilik Toko Gracio Hasibuan

Kata Kunci: Multi Factor Evaluation Process, Toko Gracio Hasibuan, Adat Batak Toba.

ABSTRACT

Implementation of SPK in Determining Promotion of Toba Batak Traditional Products Using the MFEP Method at the Gracio Hasibuan Store

By: Desy Agustina Haro (20.22.0484)

Gracio Hasibuan Shop is a business that operates in the field of selling clothes, shoes, bags and ulos. The Gracio Hasibuan shop is located on Jalan Alteri, Tanjungbalai City. The Gracio Hasibuan shop presents product variants such as shoes, bags and ulos which are oriented to meet the needs of the Batak Toba traditional community and according to what they want. The problem at the Gracio Hasibuan Shop is that the promotional and sales activities for traditional Batak Toba products at the Gracio Hasibuan Shop are still conventional (still guessing or estimating manually) while many of its competitors are already using web-based systems for promotional and sales activities. The Multifactor Evaluation Process (MFEP) method is a quantitative approach that uses a weighting system in decision making by considering various factors. In this process, decision makers assess and weigh factors that are important subjectively and intuitively for their preferred alternatives. For decisions that have a strategic impact, it is recommended to use a quantitative approach such as MFEP. The criteria used are sales, inventory and returns. The aim of this system is to be able to determine the decision system in determining product promotions at the Gracio Hasibuan Store and to design a decision support system in determining product promotions at the Gracio Hasibuan Store using the PHP programming language and MySQL database. The research method used in this research is a quantitative research method. From the results of applying the MFEP method to predict the promotion of Batak Toba traditional products at the Gracio Hasibuan Store, the number of results for forecasting the promotion of Batak Toba traditional products was calculated and the top 3 rankings were taken from the highest results, including Sortali with a result of 29, Ulos Bintang Maratur with a result of 26.5, and ulos Sibolang with a result of 23.6. Therefore, these three products will be promoted by the owner of the Gracio Hasibuan Shop

Keywords: Multi Factor Evaluation Process, Gracio Hasibuan Shop, Toba Batak Customs.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Subjects: L Education > LA History of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB2361 Curriculum
Divisions: Fakultas Ilmu Komputer > Program Studi Sistem Informasi
Depositing User: Desy Agustna Haro
Date Deposited: 17 Dec 2024 03:57
Last Modified: 17 Dec 2024 03:57
URI: http://eprints.stmikroyal.ac.id/id/eprint/593

Actions (login required)

View Item
View Item